03 Agustus 2010

Jembatan Setro Diperlebar




Tahukah anda tentang jembatan yang menghubungkan daratan kampung tegal kembang dan kampung pipitan? ialah jembatan setro, yang dalam catatan para orang tua jaman dahulu terdapat pasar unggas dan binatang ternak, di sekitar tempat ini banyak masyarakat yang berjual beli hewan ternak seperti Ayam, Bebek, dan kambing dengan sistem barter. Sebagai contoh mereka menukar seekor ayam dengan beberapa liter beras, sesuai dengan kebutuhan, jika membayar dengan uang pun mereka menggunakan satuan ringgit dan perak.
Jembatan peninggalan Belanda yang masih kokoh yang dibagian bawahnya terdapat bendungan untuk mengatur irigasi berbagai aliran sungai, baik yang menuju ke aliran utama maupun ke saluran-saluran yang menuju ke sawah-sawah maupun kebun. Aliran air ini berasal dari Danau Ciwaka kampung Ampel desa Pengampelan Kecamatan Walantaka Kota Serang. yang saat kami tulis ini sudah mengalami perkembangan dan perawatan yang cukup signifikan bila dibanding beberapa tahun sebelumnya. Gambar Berikut ini merupakan jembatan Setro yang turut imbas mendapat perawatan yang amat sangat dirasakan masyarakat dalam beraktifitas, meskipun belum rampung seratus persen.
Pada gambar yang diambil 2 Agustus 2010 sekitar pukul 09.00 WIB terlihat beberapa meter bagian badan jembatan yang mestinya diaspal atau disempurnakan, sehingga dapat dilintasi kendaraan yang kadang-kadang menumpuk berebutan jalan,maklum Daerah walantaka semakin menunjukan kepesatannya dalam mobilitas penduduk.Jika hari antara jam 05 sampai 08 pagi dan jam 16 sampai 19,akan nampak kendaraan yang lalu lalang menunggu giliran untuk melintas, bahkan tidak jarang terjadi senggolan antar kendaraan.Nampak di bagian mulut jembatan sebelah utara beberapa pohon (Kidondong) yang segaris dengan pagar dan badan jalan sehingga turut menghambat fungsi jembatan yang sudah diperlebar.
Sedianya, selesai pelebaran jembatan, selesai pula masalah antre berebut jalan.
kita semua berharap, jembatan Setro tidak hanya dipergunakan untuk cuci mata atau sekedar nongkrong.melainkan juga dapat berfungsi sesuai tujuannya.

Tidak ada komentar: