03 Agustus 2010

DAS TEGAL KEMBANG DITANGGUL


Aliran air danau Ciwaka yang terletak di Desa Pengampelan kecamatan Walantaka Kota Serang Banten dirapihkan. Semula tanpa tebing layaknya beberapa daerah alira sungai lainnya seperti sungai tilung kecamatan Ciruas Kabupaten Serang yang mengalirkan arus air dari Ciruas ke arah Kecamatan Pontang.
Pembangunan tanggul yang belum seluruhnya ini tetap merupakan angin segar bagi masyarakat sekitar, pasalnya paling tidak masyarakat dapat menikmati pemandangan yang rapih ketimbang sebelumnya yang begitu compang-camping, dimana tumbuhan semak dapat menjalar hingga ke tepi jalan, serta ancaman terkikisnya tanah masyarakat sekitar bilamusim hujan tiba.
Yang paling signifikan, kalau kita perhatikan pembangunan tanggul ini akan dapat menjaga abrasi, sehingga tanah yang longsor ke sungai tidak akan mempercepat pendangkalan dasar sungai. Dan memungkinkan menjaga kejernihan air, sehingga dapat dipergunakan untuk kebutuhan rumah tangga masyarakat seperti halnya mencuci. Padahal jika melihat sekitar 20 tahun yang lalu sungai ini begitu ramai setiap paginya. Berbagai aktifitas masyarakat begitu nampak. Ada yang mencuci baju, mandi, dan mengambil air untuk kebutuhan di rumah, meskipun di beberapa jarak yang tidak terlalu jauh terdapat aktifitas memandikan binatang kerbau.
Status bahwa Kecamatan Walantaka termasuk wilayah kota sudah semakin nampak dirasakan. Tinggal kita berbenah diri dari dalam pribadi untuk menjaga dan merawatnya, sehingga nilai positif dan manfaat pembangunan bisa kita rasakan.

Tidak ada komentar: