26 April 2010

BAHASA JASENG MULAI DIKEMBANGKAN

BAHASA JASENG (JAWA SERANG) MULAI DIKEMBANGKAN




Rabu 21 April 2010 merupakan hari peringatan nasional, yakni memperingati hari kartini yang ke 131. Di berbagai daerah melaksanakan perayaan-perayaan yang meriah termasuk di Banten khususnya di Kantor Walikota Kota Serang.

Dalam perayaan hari besar nasional tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Serang Tb. H. Khairul Jaman, Asda Kota Serang, dan beberapa pejabat lainnya, acara tersebut dihadiri banyak kaum hawa, maklum, hari tersebut merupakan hari dimana kaum hawa memiliki figur yang percontohan. Dalam acara tersebut diadakan lomba busana kebaya ala kartini dan penyampaian pidato singkat tentang kartini dalam bahasa jawa, dan kebetulan pembawa pidato tersebut merupakan juara I yang dilombakan beberapa hari sebelumnya.

Bahasa Jawa Serang sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu untuk dikembangkan sebagai aset budaya dan bahasa yang ada di Banten. Dengan penampilan Juara pertama yang dipresentasikan di depan masayarakat dan media tersebut bukan tidak mungkin akan terlestarikannya bahasa ibu tersebut, apalagi juara pertama ini diraih oleh Dinas pendidikan Kota Serang, amat sangat memungkinkan dapat dijadikan mata pelajaran bahasa sebagai muatan lokalnya. (Arul-Jas)

Tidak ada komentar: