09 Oktober 2007

Hikmah Puasa

Hikmah Puasa
Dan Aplikasinya Dalam Kesaharian

Oleh
Uib Sholahuddin Al Ayubi

Ramadhan adalah bulan disyari'atkannya puasa, yang merupakan salah satu dari rukun Islam, sebagaimana Allah Swt : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atasa orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa" (al-Baqarah/2:183). Puasa adalah ekspresi penghambaan yang memiliki dimensi ritual dan sosial sekaligus, karena di dalamnya terdapat anjuran bersedekah, shalat-shalat sunnah, tadarus, zakat fitrah, shalat ied, dan sebagainya.
Puasa menurut syariat ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa (seperti makan, minum, hubungan kelamin, dan sebagainya) semenjak terbit fajar sampai terbenamnya matahari,dengan disertai niat ibadah kepada Allah, karena mengharapkan ridho-Nya dan menyiapkan diri guna meningkatkan Taqwa kepada-Nya.
Ramadhan bulan yang banyak mengandung Hikmah didalamnya. Kita menyambut dengan suka ria, sebagai ummat Islam yang beriman dengan kedatangan bulan Ramadhan ini. Bukan saja telah diarahkan menunaikan Ibadah selama sebulan penuh dengan balasan pahala yang berlipat ganda, malah di bulan Ramadhan kitab suci al-Quran, diturunkan yang menjadi petunjuk bagi seluruh manusia dan untuk membedakan yang benar dengan yang salah.
Puasa Ramadhan akan membersihkan rohani kita dengan menanamkan perasaan kesabaran, kasih sayang, pemurah, berkata benar, ikhlas, disiplin, terthindar dari sifat tamak dan rakus, percaya pada diri sendiri. Meskipun makanan dan minuman itu halal, kita mengawal diri kita untuk tidak makan dan minum dari semenjak fajar hingga terbenamnya matahari, karena mematuhi perintah Allah.Walaupun isteri kita sendiri, kita tidak mencampurinya diketika masa berpuasa demi mematuhi perintah Allah Swt.
Selain posisi istimewa di sisi Allah SWT yang diperoleh oleh seorang mukmin yang berpuasa, hikmah dari puasa juga teramat besar. Baik hikmah rohani maupun jasmani, baik terhadap diri pribadi maupun kepada masyarakat luas. Ramadhan juga sebagai syahrul ibadah (bulan ibadah) dimana terdapat nilai ibadah yang tinggi serta semangat beribadah yang tinggi. Selain itu juga sebagai "Syahrul Fath" (bulan kemenangan). Umat Islam memperoleh kemenangan dalam "perang kecil", perang Badar. Bisa dikatakan juga sebagai "Syahrul Huda" (bulan petunjuk) karena pada bulan Ramadhanlah turunnya petunjuk kehidupan yaitu al-Quran pada pertama kalinya. Selain itu bulan Ramadhan juga disebut sebagai "Syahrul Ghufran" (bulan penuh ampunan). Pada bulan ini, dimudahkan pintu pengampunan dan pembebasan dari api neraka. Sebagai "Syahrus Salam" (bulan keselamatan), bulan Ramadhan adalah bulan yang mengandung nilai-nilai edukatif yang dapat menciptakan keselamatan, kesejahteraan dan kedamaian bagi umat manusia.
Dan yang terakhir adalah sebagai "Syahrul Jihad" (bulan perjuangan). Pada bulan ini, manusia dihadapkan pada perjuangan yang amat besar. Mereka menahan diri dari perbuatan yang biasa diperbuat, selain menahan diri dari "ritualitas" makan dan minum sebagai kebutuhan primer sejak fajar sampai terbenamnya matahari. Dan kalau sudah berbuka, dianjurkan untuk menahan diri dari makan dan minum yang berlebihan bahkan dianjurkan untuk membatasinya. Upaya ini merupakan cara untuk memelihara kesehatan jasmani.
Untuk semua itu, bila kita melaksanakan puasa, kita akan mengadaptasi diri kita dengan mereka yang berekonomi lemah yang sering sehari-hari dalam kehidupannya selalu merasakan haus dan lapar, sehingga kita akan timbul rasa kasih sayang dan memiliki rasa sosial yang akan menjadi perjalanan rohani tersendiri. Dan setidak-tidaknya kehausan dan kelaparan yang diakibatkan puasa tersebut akan mengingatkan kita pada kaum fakir miskin sehingga termanifestasi untuk mengeluarkan sedekah sebagai tindakan nyata dari rasa kesalehan sosial yang nantinya akan menjembatani antara si kaya dan si fakir, hingga pada akhirnya akan tercipta manusia-manusia yang mempunyai etika dan kepekaan sosial yang tinggi.
Rasulallah Saw bersabda, ‘Wahai manusia barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka puasa kepada orang mukmin yang sedang berpuasa pada bulan ini, pahala baginya adalah (setara dengan) membebaskan budak dan mendapatkan ampunan dosa-dosanya yang telah lalu’. Dalam hadits ini tentunya anjuran untuk memberi makan kepada kaum yang lemah yaitu fakir miskin yang berpuasa.
Dibulan ramadhan kita dianjurkan untuk tidak berbuat atau ucapan-ucapan yang mengarah pada kedustaan dan perbuatan jelek, dalam hal ini pula Rasulallah bersabda : “Barang siapa tidak meninggalkan ucapan dusta dan amal jahat, maka Allah tidak butuh kepadanya ia meninggalkan makan dan minum”. (HR. Bukhori). Namun tindakan seperti yang dianjurkan oleh Rasulallah tidak hanya dilakukan pada bulan ramadhan saja, melainkan bagaimana anjuran ini dilakukakan di bulan-bulan selanjutnya.

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan
Oleh :
Uib Sholahuddin Al Ayubi, MA[1]

Setiap awal atau sehari sebelum ramadhan, elemen ummat Islam bangsa Indonesia, baik perorangan, ormas, dan bahkan pemerintah sendiri sibuk menentukan awal ramadhan, melalui sidang istbat penentuan awal ramadhan di masing-masing tempat. Terkadang penentuan awal ramadhan ada yang sama, dan ada pula yang berbeda, sehingga ummat Islam Indonesia ada yang melaksanakan puasa sehari sebelumnya dan esok harinya. Namun demikian, hal ini bukan menjadi perbedaan yang meruncing sehingga menimbulkan konflik, malahan perbedaan inilah yang menjadikan ummat Islam kaya akan wawasan keilmuan tentang ilmu astronomi, dan Ilmu Falak. Sehingga mereka para ilmuwan maupun para ulama, baik yang menggunakan teknolgi canggih maupun hanya hitung-hitungan ilmu falak, bahkan hanya ru’yat saja (melihat dengan mata telanjang tergelincirnya matahari dan munculnya bulan). Karena itu Rasulallah Saw bersabda : berpuasalah saat melihatnya (bulan ramadhan), merupakan sekelumit kesibukan suka ria awal ramadhan.
Terlepas dari semua itu, setiap awal ramadhan umat Islam sibuk menyambutnya dengan suka ria, baik di masjid-masjid, pasar-pasar maupun di media massa (elektronik dan cetak), yang satu sama lainnya saling menyambut ramadhan. Media elektronik sebut saja televisi dan radio banyak sekali menayangkan program-program unggulan terkait dengan ramadhan, bahkan salah satu tv swasta sebulan sebelum ramadhan sudah menayangkan program unggulannya, seperti sinetron religi.
Aura bulan ramadhan memang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya, karena memang bulan ramadhan, adalah bulan yang di dalamnya diturunkan kitab suci al-qur’an sebagai petunjuk dan penjelasan dan pembeda (antara yang hak dan batil) bagi manusia (QS. Al-Baqarah/2 : 185). Sehingga ummat Islam selalu menunggu bulan ramadahan karena bulan ramadhan turunnya al-qura’an. Menunggu karena ada yang datang yaitu bulan ramadhan, ummat Islam selalu menyambutnya dengan kata Marhaban Ya Ramadhan. Kata marhaban dalam kamus besar Indonesia, diartikan sebagai penyambutan atau menghormati tamu (yang berarti selamat datang), yang sama artinya dengan ahlan wa sahlan. Walaupun dalam pengertiannya sama selamat datang, namun para ulama tidak menggunakan dengan kaliamt ahlan wa shalan melainkan menggunakan dengan “Marhaban Ya Ramadhan”. Marhaban berasal dari kata rahb yang berarti “luas” atau “lapang”, sehingga tamu disambut dengan lapang dada dan suka ria, dan dipersiapkan ruang dan tempat yang luas untuk melakukan apa saja yang dikehenedaki.
Bulan ramadhan, dalam bahasa Arab disebut syahru ramadhan. Kata syahr berasal dari kata syahara yang berarti muncul. Bila orang yang mencabut pedang dari sarungnya adalah syahara al-syaif (dia membuka pedangnya), atau orang Arab mengatakan syahra al’amru (perkara itu tampak jelas). Jadi syahr menunjukkan sesuatu yang terbuka dan kemudian tampak, sehingga dikenal, dimana mulanya sesuatu itu tersembunyi, tidak tampak dan tidak dikenal. Karena itu juga kita kenal dengan kata atau hadits masyhur yang berarti terkenal dan populer. Oleh karena itu umat Islam di Indonesia tidak salah jika awal ramadhan beramai-ramai untuk menyaksikan awal mula yang akan muncul, yaitu bulan, dalam hal ini dikenal dengan metode ru’yat.
Karena itu, al-Asfihani sebagaimana dikutip oleh W. Abdul Gafur, mengemukakan bahwa syhar adalah masa yang dikenal karena munculnya bulan. Karena itu, dalam al-qur’an kata syahr dapat diartikan 1) digunakan dalam pengertian bulan ramadhan, 2) atau juga dalam ungkapan siapa diantara kamu yang menyaksikan bulan, dan 3) digunakan dalam pengertian waktu dalam haji itu dilakukan pada waktu atau bulan-bulan tertentu.
Kata ramadhan yang hanya disebut satu kali dalam al-qur’an (yaitu, QS. Al-Baqarah/2 : 185). Kata ini berasal dari ramdi yang artinya panas matahari yang menyengat. Karena memang bulan ramadhan adalah bulan berpuasa tidak minum dan makan, sehingga terasa kita kehausan dan merasa panas dalam menjalani puasa ramadhan.
Puasa dalam al-qur’an menggunakan kata shiyam. Kata ini dalam al-Qur’an disebut delapan kali, yang semuanya dalam arti puasa menurut pengertian syariat, sesekali al-Qur’an menggunakan kata shaum, yang maknanya menahan diri untuk tidak berbicara (QS. Maryam/19:26) “sesungguhnya Aku bernazar puasa (shauman), maka hari ini aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun”. Maryam diajarkan oleh malaikat Jibril AS, bila ada yang mempertanyakan tentang kelahiran anaknya, Nabi Isa AS.
Shuaman sesekali dalam bentuk perintah berpuasa di bulan Ramadhan, dan juga sesekali dalam bentuk kata kerja yang menyatakan bahwa “berpuasa adalah baik untuk kamu” dan sekali menunjukan kepada para pelaku puasa baik pria maupun perempuan, yaitu ash-shaimin wash-shaimat. Maka puasa maknanya dalam hukum syariat, adalah menahan diri dari makan, minum dan upaya mengeluarkan sperma dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Namun demikian, hakikat puasa adalah menahan atau mengendalikan diri, dan tentunya beresikap sabar.
Puasa bulan ramadhan termaktub dalam surah al-baqarah/2 : 183, 184, 185, dan 187. para ulama tafsir bersepakat bahwa surah al-baqarah turunnya di Madinah, yang artinya kewajiban puasa ramadhan setelah nabi, hijarh di Madinah. Maka para sejarawan menilai pelaksanaaan puasa bulan ramadhan ditetapkan Allah pada tahun kedua Hijrah.
Maka dalam menghadapi bulan puasa, persiapan apa bagi ummat Islam untuk menyambut bulan ramadhan, agar puasanya berhasil dan memberi manfaat bagi dirinya dan terhadap orang lain serta lingkungan sosialnya. Paling tidak untuk persiapan puasa bulan ramadhan, adalah mental-psikologis, fisik dan persiapan intlektual. Secara mental-psikologis, stidaknya kita sudah siap menyambut bulan ramadhan dengan suka ria, dan mempersiapkan pembersihan diri dan bertaubat. Secara fisik, kita dapat mampu menjaga tubuh kita dengan memakan makanan yang bergizi, dan sehat. Secara intlektual tentunya kita dalam bulan ramadhan harus diisi dengan wawasan-wawasan keilmuwan kita.
Salah satu kebiasan Rasulallah, dalam rangka menyambut ramadhan adalah jarang meninggalkan sajadah dan berusaha menyelesaikan segala urusan duniawi sebelum memasuki bulan ramadhan. Untuk melakukan semua itu rasulalllah selalu berpuasa sunnah dan shalat dan memperbanyak zikir kepada Allah. Aisyah menceritkan : saya tidak melihat Rasulallah menyempurnakan puasanya kecuali dalam Ramadhan dan saya tidak melihat dalam satu bulan yang lebih banyak puasanya kecuali pada bulan sya’ban (HR. Muslim). Kebiasaan Rasulallah itu, bagi kita patut kita tiru dengan tujuan agar dibulan ramadhan terbiasa dengan amalan-amalan ramadhan.
Marhaban Ya Ramadhan ...
Selamat berpuasa....
[1] Ketua Jaringan radio Komunitas Banten, dan Ketua DPK Jaseng FM